TIPS MEMBEDAKAN DAGING  SAPI YANG SEGAR DAN YANG TIDAK

TIPS MEMBEDAKAN DAGING  SAPI YANG SEGAR DAN YANG TIDAK

Daging Sapi merupakan bahan masakan yang di dalamnya terdapat banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Daging  sapi merupakan makanan yang kaya akan protein. Sehingga orang yang memakanya akan dapat merasakan kenyang lebih lama. Daging sapi sangat baik untuk orang yang sedang mengalami luka. Karena dapat mempercepat penyembuhan. Daging sapi merupakan daging yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Banyak olahan yang dihasilkan dari daging sapi, antara lain sosis, bakso dan lainya. Nah untuk anda yang berencana ingin memasak daging sapi dan berbelanja daging. Anda perlu memperhatikan kualitas dari daging tersebut. Pasalnya tak semua penjual daging menjual dagangannya dengan jujur. Untuk itu kamu perlu menerapkan tips di bawah ini agar mendapat daging sapi yang berkualitas baik dan segar!

Tips-Tips Membedakan Daging Sapi Yang Segar Dan Yang Tidak

  • Warna daging sapi merah segar

Ciri-ciri daging sapi yang segar dan berkualitas baik dapat dilihat dari warnanya. Daging sapi yang berwarna merah segar menandakan warna alamiah dari daging sapi itu sendiri. Jika daging sapi mempunyai warna merah muda, menandakan bahwa daging tersebut diperoleh dari hasil pemotongan sapi yang masih muda. Sedangkan jika warna dari daging sapi tersebut berwarna agak kebiruan maka sudah pasti daging tersebut berkualitas tidak baik. Atau sudah akan membusuk.

  • Bau yang dihasilkan 

Bau yang dihasilkan dari daging sapi tersebut juga dapat menjadi tanda apakah daging tersebut masih segar dan berkualitas baik ataukah tidak. Daging sapi yang masih segar akan mengeluarkan bau khas dari daging tersebut. Sedangkan jika daging sapi mengeluarkan bau agak busuk atau anyir menandakan bahwa daging tersebut kualitasnya sudah membusuk dan tidak layak konsumsi.

  • Lemak daging

Kemudian kamu juga dapat melihat ciri-ciri daging yang masih segar dengan cara memperhatikan lemak dari daging tersebut. Daging sapi yang segar mempunyai lemak berwarna putih gading agak kekuningan dan jika disentuh masih kencang dan elastis. Sedangkan daging sapi yang sudah tidak segar mempunyai lemak yang jika disentuh atau di perhatikan sudah lembek dan kendur. Hal tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa daging akan membusuk.

  • Tekstur dari daging

Kamu juga dapat mengamati perbedaanya dengan cara mengamati tekstur dari daging sapi tersebut. Daging sapi yang masih segar mempunyai tekstur yang jika disentuh masih kenyal dan juga padat dan jika ditekan akan kembali ke bentuk semula dengan cepat. Sedangkan daging sapi yang sudah tidak segar mempunyai tekstur daging yang jika ditekan akan meninggalkan lekukan ke dalam. Untuk melakukan cara ini kamu bisa menekan daging menggunakan  ujung jari telunjuk kamu. Daging yang akan membusuk juga jika disentuh akan terasa berlendir berbeda dengan daging yang segar, jika di sentuh kesat.

  • Serat daging

Berikutnya kamu bisa memeriksa apakah daging itu berkualitas baik atau tidak dengan cara memperhatikan seratnya. Daging yang masih segar memiliki serat yang halus dan sedikit berlemak. Untuk tips ini diperlukan kejelian yang cukup tinggi.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memeriksa apakah daging yang akan kamu beli itu memiliki kualitas yang baik atau tidak. Kamu juga perlu memperhatikan tempat penjualan daging sebelum membeli. Pastikan tempat menjual daging tersebut bersih. Karena percuma saja jika dagingnya segar namun tidak higienis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *