HANDUK SEHAT? INILAH CARA PERAWATAN HANDUK AGAR TERHINDAR DARI KUMAN!

HANDUK SEHAT? INILAH CARA PERAWATAN HANDUK AGAR TERHINDAR DARI KUMAN!

Handuk ini merupakan benda yang pasti dibutuhkan setiap manusia, handuk ini digunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Handuk ini juga dapat menjadi sarang kuman, jika rutin tidak dibersihkan. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa handuk rumah ini selalu dalam keadaan bersih. Tidak benar hal ini, walaupun sudah digunakan berkali-kali tentu benda dalam rumah ini juga dapat membuat sarang kuman penyakit. Terlebih jika kebersihan handuk ini juga kurang diperhatikan, maka sudah pasti banyak sekali kuman yang menempel pada handuk tersebut. Sehingga, handuk ini juga membutuhkan perawatan guna menjaga kebersihannya. Terlebih jika kebersihan handuk ini tidak sama sekali diperhatikan. Tentu saja hal ini banyak kuman dan bakteri yang menempel pada handuk kita. Padahal setiap harinya, kita menggunakan handuk tersebut secara rutin. Oleh karena itu, perhatikan kebersihan handuk dan tubuh kita tetap sehat dan kuat.

Tips Menjaga Kebersihan Handuk Agar Bebas Dari Kuman

Handuk merupakan pakaian pengering yang selalu kita gunakan setiap harinya setelah mandi. Sehingga tentu saja, hal ini harus diperhatikan kebersihannya. Sebab, handuk yang sehat dan bersih ini dapat membantu kita dalam menjaga kebersihan kulit dan tubuh dari timbulnya kuman ataupun bakteri. Sehingga handuk yang rutin dicuci ini dapat membuat keluarga terhindar dari kuman, bakteri, serta jamur yang sudah bersarang lama di dalamnya. Jika handuk sudah berbau apek atau bau tidak sedap, maka harus segera diperhatikan. Dan inilah tanda handuk harus segera dicuci. Nah, untuk itu ada beberapa tips dalam menjaga kebersihan handuk ini agar tetap terjaga, yuk simak penjelasan berikut;

  • Rutin mencuci handuk

Handuk yang kita gunakan setiap harinya ini harus rutin dalam membersihkannya agar tidak menjadi sarang kuman ataupun penyakit. Sehingga hal ini anda perlu mengganti handuk dalam sepekan sekali. Serta anda juga rutin dalam mencuci nya dalam sepekan sekali pula. Dalam mencuci handuk ini biasanya tidak harus menunggu berbau tidak sedap terlebih dahulu, sebab jika menunggu berbau aroma tidak sedap ini dikhawatirkan dapat menumpuk kuman yang ada di dalamnya. Sehingga jangan menunda-nunda dalam mencuci nya dan bersegeralah agar tidak menjadi sarang kuman.

  • Jangan bergantian handuk

Dalam satu keluarga yang ada di rumah harus memiliki handuk pribadi. Hal ini tidak boleh bertukar handuk walaupun dengan keluarga sendiri. Sebab, bertukar handuk ini juga dapat membuat segala bakteri yang di dalamnya dapat berpindah dari satu orang ke orang lainnya. Jenis bakteri yang dapat menular ini yaitu bakteri Staphylococcus Aureus yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan infeksi kulit. Oleh karena itu, jangan bertukar handuk walaupun dengan keluarga sendiri. Jika ada salah satu anggota keluarga yang memiliki penyakit kurap maka tentu saja hal ini sangat mudah menular ke orang lainnya.

  • Segera menjemur handuk setelah dicuci

Handuk yang telah selesai dicuci ini maka harus segera dijemur dan jangan ditinggalkan di dalam mesin cuci. Apabila dibiarkan maka dapat membuat bakteri kembali berkembang. Proses menjemur ini juga membantu handuk tidak mudah lembab saat digunakan, sehingga menjemur handuk yang telah selesai dicuci ini maka dapat mengurangi kuman bakteri pada handuk tersebut. Pastikan dalam menjemur handuk ini harus terbuka lebar agar semua permukaan handuk ini terkena sinar matahari dan jemur lah handuk ini pada tempat yang dapat menjangkau sinar matahari seluruhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *